Next Post

Sepak Terjang Grup MIND ID Cegah Stunting Sambut Peringatan Hari Gizi Nasional

Jakarta – Gentakala, Hari Gizi Nasional jatuh pada Kamis, 25 Januari 2024. Peringatan Hari Gizi Nasional tahun ini bertemakan “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting” dengan slogal “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas.” Pentingnya asupan gizi untuk anak menjadi fokus utama dalam perayaan Hari Gizi Nasional tahun ini.

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID atau Mining Industry Indonesia ikut berperan aktif dalam turut serta memperbaiki dan meningkatkan asupan gizi bagi masyarakat khususnya untuk anak. Sejak stunting menjadi salah satu program prioritas pemerintah, sejumlah BUMN termasuk MIND ID telah berperan aktif melakukan intervensi kepada sasaran program.

Berbagai program kesehatan berhasil dilakukan Grup MIND ID untuk mendorong perbaikan gizi di Indonesia. Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan, Grup MIND ID berkomitmen dalam menciptakan produksi pangan berkelanjutan bagi masyarakat sebagai bagian dari menyukseskan generasi emas. Hal itu, menjadi bagian dari tujuan adanya peringatan Hari Gizi Nasional.

“Perayaan Hari Gizi Nasional 2024 menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus meningkatkan asupan gizi khususnya bagi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. MIND ID berkomitmen untuk turut serta menyokong perbaikan gizi dalam rangka memberikan nilai lebih untuk Indonesia,” kata Heri Yusuf di Jakarta, 25 Januari 2024.

Anggota Grup MIND ID yang meliputi PT Aneka Tambang Tbk., (Antam), PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), PT Timah Tbk., PT Bukit Asam Tbk., (PTBA), dan PT Freeport Indonesia (PTFI) bahu membahu menjalankan program dengan tujuan perbaikan gizi bagi masyarakat Indonesia.

Anggota Grup MIND ID, PT Antam Tbk., melakukan pendampingan pengolahan pangan lokal dalam penanganan stunting di 10 desa, Kecamatan Maba, dan dua desa di Kecamatan Kota Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara pada November 2023. Antam berkolaborasi dengan Pergizi Pangan Indonesia Maluku Utara, dokter serta generasi muda di Kecamatan Maba dalam mewujudkan program pendampingan pengolahan pangan lokal tersebut.

Sementara itu, PTBA melaksanakan progfram Rumpun Pangan dengan Energi Terbarukan yang Ramah Lingkungan (Ruang Rural) sebagai upaya mengikis kasus stunting pada anak. Ruang Rural merupakan program budidaya dan penanaman beras organik yang membantu meningkatkan kesejahteraan petani dan mendorong ketersediaan bahan pangan nasional.

Pada Mei 2023, panen perdana beras merah organik berhasil dilakukan di area seluas 1,5 hektar dan menghasilkan 4,2 ton benih yang nantinya akan digunakan untuk budidaya di area seluas 165-170 hektar sawah organik.

Rekam jejak dalam rangka perbaikan gizi masyarakat juga dilakukan PTFI yang mendukung penuh program percepatan penurunan stunting. Salah satunya lewat program pemberian bantuan 3.000 paket sembako berupa bahan makanan pokok bernutrisi kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah, pada September 2023.

“Anggota Grup MIND ID, PTFI aktif berkolaborasi dengan berbagai instansi dalam mengentaskan masalah stunting di Papua Tengah. Total bantuan paket sembako yang sudah diserahkan PTFI sebanyak 6.000 paket pada 2023,” kata Heri.

Selain itu, PT Timah Tbk., memiliki Program Kegiatan Menurunkan Stunting (Kemunting) dalam rangka memperbaiki gizi masyarakat Bangka Barat. Anggota Grup MIND ID tersebut menggandeng pelajar menjadi agen perubahan mencegah stunting.

Terakhir, PT Inalum yang konsisten melakukan sejumlah program berkelanjutan penanggulangan stunting di sekitar wilayah operasional perusahaan. Di antara program yang berhasil dilakukan Inalum yakni Perbaikan Gizi Balita Stunting, Program Bapak Asuh, dan Program Preventif Pencegahan Stunting untuk Ibu Hamil.

Adm

Related posts