Next Post

Bos Bank BUMN Bicara Dampak Tahun Politik ke Ekonomi RI

Dirut Bank BRI, Sunarso (dok. BRI)

Jakarta, Genta Kala – Indonesia sudah memasuki tahun politik jelang Pemilu 2024 nanti. Tahun politik akan mempengaruhi kondisi perekonomian maupun politik di dalam negeri.

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso menilai tahun politik, termasuk pemilu 2024, akan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Setahun sebelum pemilu itu bisa menumbuhkan ekonomi 0,32%. Lalu satu tahun berikutnya berpotensi menumbuhkan ekonomi 0,23%,” ujar Sunarso dalam RDP dengan komisi VI DPR, Selasa (28/3/2023).

Menurut dia tahun politik ini disebut tak akan mempengaruhi sikap investor secara signifikan. Sunarso mengatakan tahun politik di Indonesia atak akan berbeda dengan tahun-tahun biasanya.

“Di Indonesia, pemilu adalah bagian dari proses demokrasi yang makin hari makin terasa biasa. Masyarakat sekarang makin terdidik secara politik sehingga makin independen, inilah yang membuat itu menjadi hal biasa,” jelas dia.

Sunarso juga menjelaskan, selain tahun politik guncangan ekonomi di dunia juga harus diwaspadai. Meskipun harus tetap positif.

Menurut dia, kondisi ekonomi yang sedang terguncang ini bisa menjadi peluang untuk Indonesia. “Investor kayak burung pipit, taruh uang, gangguan sedikit, bisa kabur,” ujarnya.

Karena itu untuk menangkap peluang tersebut dibutuhkan stabilitas dan pertumbuhan. “Kalau mau ubah tantangan global jadi peluang sediakan stabilitas dan pertumbuhan,” pungkas Sunarso.

 

Sumber: https://finance.detik.com/moneter/d-6643393/bos-bank-bumn-bicara-dampak-tahun-politik-ke-ekonomi-ri

Adm

Related posts