Next Post

7 Keunikan Daerah Istimewa Yogyakarta yang Bikin Rindu

Titik nol kilometer Yogyakarta pada sore hari (dok. kompas.com)

Jakarta, Genta News – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah sebuah daerah yang sering menjadi tujuan wisatawan baik domestik atau mancanegara. Yogyakarta memiliki banyak julukan antara lain Kota Pariwisata, Kota Pelajar, dan Kota Gudeg.

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah provinsi terkecil kedua setelah Provinsi DKI Jakarta. Menurut buku Pesona Wisata Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Ika Setyaningsih (2018: 1), luas keseluruhan wilayah Provinsi DIY adalah 3.185,8 km.
 
Provinsi ini berlokasi di tengah Pulau Jawa dan dikelilingi Provinsi Jawa Tengah. Provinsi DIY di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Magelang. Di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, sedangkan di timur laut berbatasan dengan Kabupaten Klaten. Sedangkan di sebelah selatan, Provinsi DIY berbatasan dengan Samudra Indonesia.
 
Provinsi DIY adalah sebuah daerah yang memiliki sejarah yang panjang dan kekayaan budaya sebagai ciri khasnya sehingga menarik minat para wisatawan untuk berkunjung.
 
Berikut ini adalah tujuh keunikan Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu antara lain:
 
1. Peninggalan Sejarah. Provinsi DIY kaya akan budaya dan peninggalan sejarah. Objek wisata sejarah di DIY antara lain Candi Prambanan, Benteng Vrederburg, Keraton Yogyakarta, Masjid Gedhe Kauman, dan kawasan Kotagede.
 
2. Beragam Museum. Terdapat berbagai museum yang menarik untuk dikunjungi seperti Museum Ullen Sentalu, Museum Wayang Kekayon, Museum Sonobudoyo, Museum Sandi, Museum Affandi, dan museum-museum lain yang patut anda kunjungi jika anda menyukai wisata sejarah dan budaya.
 
3. Wisata Alam Wisata alam di DIY yang terdiri dari pantai dan gunung yang juga tidak kalah menarik seperti Pantai Parangtritis dan pantai di wilayah Gunungkidul seperti Pantai Indrayanti, Pantai Sadranan, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Drini. Jika anda menyukai wisata kegunungapian anda dapat mengunjungi Museum Gunung Merapi dan Lava Tour Gunung Merapi. Namun perlu anda perhatikan status aktif Gunung Merapi sebelum merancanakan berkunjung ke sekitarnya.
 
4. Tradisi. Masih adanya upacara tradisi di Yogyakarta yang masih lestari, salah satunya adalah Upacara Grebeg Maulud.
 
5. Kuliner. Yogyakarta terkenal dengan berbagai kuliner yang wajib anda cicipi ketika berkunjung, antara lain Gudeg dan Mie Lethek. Jika anda penggemar pedas anda dapat mencoba Oseng-Oseng Mercon dan jika anda penggemar sate, anda wajib mencoba Sate Klathak.
 
6. Kesenian. Yogyakarta juga terkenal sebagai Kota Seniman karena kaya dengan seni dan budaya. Di Yogyakarta sering diadakan pameran seni rupa dan festival kesenian tahunan seperti ArtJog dan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY).
 
7. Kota Pendidikan. Yogyakarta terkenal sebagai Kota Pendidikan karena banyaknya pelajar dari berbagai daerah yang menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta.
 
Sumber: https://kumparan.com/berita-update/7-keunikan-daerah-istimewa-yogyakarta-yang-bikin-rindu-1walzuTEX45/full

Adm

Related posts