Next Post

Etalase budaya Jawa di taman arkeologi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko

Jakarta, Genta News – PT. Taman Wisata Candi (TWC) selaku pengelola dari kawasan wisata warisan budaya bangsa yaitu Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko menyadari sepenuhnya kebutuhan taman wisata yang nyaman dan menarik untuk keluarga. Hetty Herawati selaku Direktur Pemasaran dan Pelayanan TWC mengatakan “Kunci utama untuk bisa mendapatkan pengalaman berwisata yang menyenangkan adalah wisatawan merasa nyaman. Oleh karena itu selaku pengelola kawasan destinasi wisata menyadari pentingnya untuk senantiasa meningkatkan 3A: akses, atraksi dan amenitas, terutama dalam menyambut masa ramai liburan Lebaran.”.

“Untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah pengunjung ke Kawasan Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, kami menambah beberapa pintu masuk dengan kantong parkir di dekatnya. Ada 5 gate atau pintu masuk di Prambanan dan 2 pintu masuk di Borobudur, yang tadinya hanya | pintu masuk saja. Selain itu kami juga memperbaiki ticketing system dan menambah mesin scan tiket termasuk cashless gate bekerja sama dengan Brizzi, Tap cash dan pembayaran dengan LinkAja. Ada 14 pintu scan tiket di Borobudur dan 12 di Prambanan, lebih banyak dibanding tahun lalu ” ditambahkan oleh Hetty. TWC juga melibatkan pelajar dan mahasiswa pencinta dan peduli heritage untuk membantu pengunjung dengan informasi di taman candi. Diharapkan mereka bisa mempromosikan dan menularkan kecintaan akan heritage dan filosofi budaya Indonesia di kalangan generasi muda.

“Kami paham, bahwa di jaman now ini wisatawan membutuhkan konten & atraksi yang tidak membosankan untuk dibagikan di social media. TWC berkomitmen untuk melestarikan authenticity dan konteks budaya local di kawasan taman candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Karena itu kami menggandeng seniman-seniman local dan masyarakat untuk berbagai atraksi budaya. “ada pertunjukan seni khas Jawa seperti cokean, perkusi, kidung karmawibangga, pertunjukan Askrab dll di Borobudur. Ada jatilan, prajurit kraton, wanoro, music dolanan anak, dll di Prambanan. Di Ratu Boko ada gejog lesung, cokean, srandul, akustik, tari tradisional dll.“ kata Emilia, GM komersial TWC. Pertunjukan megah yang wajib ditonton adalah pertunjukan “the legend of Roro Jonggrang” special lebaran di teater indoor Trimurti Prambanan yang menampilkan seniman tari local bertaraf internasional. Pertunjukan tari yang belum lama diluncurkan ini mengangkat kisah cinta Roro Jonggrang yang berakhir dengan tragedy, dalam balutan koreografi yang unik, gabungan tari tradisional dengan modern dance yg dinamis. The legend of Roro Jonggrang special Lebaran ada setiap hari dari tgl 7 — 15 Juni, jam 14.00 — 15.00. Pentas Ramayana di panggung terbuka juga hadir setiap hari dari tgl 5 — 13 Juni, pukul 19.30. Pengunjung juga bisa bersantai menikmati hidangan di bawah bintang-bintang sambal menikmati pemandangan candi Prambanan di malam hari dari sekitar Gedung Trimurti.

TWC berkomitmen terus meningkatkan kenyamanan pengunjung dengan perbaikan amenities. Borobudur dan Prambanan dilengkapi dengan jalur untuk kaum disable, dan perawatan fasilitas toilet sebaik mungkin. TWC juga mengembangkan transportasi ramah lingkungan dengan mobil listrik di dalam Kawasan candi. Ada hover cart yang bisa disewa di Prambanan.

Adm

Related posts